Open top menu
14 June 2014

Selama ini banyak temen yang bertanya kepada saya, sepertinya saya selalu santai ga ada beban. Dan saya sering jawabnya juga santai, misalnya 'ya santai saja, masalah gede dibuat seolah kecil masalah kecil dianggep ga ada, kelar deh. Nah abis itu banyakin ikhlas sama bersyukur"

Trus gimana tips agar kita mudah bersyukur? Menurut saya pribadi, bersyukur dan ikhlas adalah 2 hal yang sangat dekat, kalo kita mudah bersyukur saya rasa ikhlas pun juga bisa sering kita dapatkan. Biasain diri dulu buat bersyukur, nah saya punya cara jitu yang selama ini saya terapkan. Seingat saya, saya nerapin hal ini sejak tahun 2009. Butuh konsistensi sih di awal-awal, tapi lama-lama bakal terbiasa.

Nah caranya gimana?
Dulu, saya setiap hari selalu menulis rejeki yang saya dapatkan, di buku khusus yang isinya rejeki tiap hari. Meskipun ada pepatah arab 'kamu tidak bakal bisa menghitung rejeki yang Allah berikan'. Namun buat saya waktu itu, kenapa ga saya coba saja menghitung rejeki, siapa tau ada perubahan hidup, hehe

Nah nulisnya misal gini :
Hari Senin, tanggal 1 :
1. Bangun tidur dalam kondisi sehat 
2. Sholat subuh tepat waktu
3. Sampe kantor ga telat.
4. Ditraktir sama si A, B, C
5. Pas maen ke mall, ongkos parkirnya dibayarin temen
6. Dianter pulang ke rumah sama temen
7. Pas berangkat meeting naik mobil, disetirin pula, jadi ga capek
8. Dagangan laku, untung 10ribu per dagangan
9. Bisa ngasih duit seribu ke pengamen
10. bla bla bla...

Tulislah sedikitnya 50 rejeki setiap harinya. Kalo sudah terbiasa bakal mudah banget nulis beraneka macam rejeki yang kita dapat setiap harinya.

Cobain deh, tulis tiap hari rejeki yang kamu dapatkan, trus dibaca ulang tiap weekend. Lakuin ulang selama 6 bulan atau setahun, atau 2 tahun. Insya allah makin sering bersyukur, insya allah makin tebal rasa ikhlasnya.


Trus nih, yang juga ga kalah pentingnya, keep smile dan jauhi menggosip sama temen, juga mulai banyakin beramal sedekah.

Itu tips sederhana dari saya, dari pengalaman saya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. 
Tagged
Different Themes
Written by Lovely

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.

0 comments